Selasa, 05 Februari 2008

Tujuan 3G

Teknologi 3G tidak diciptakan semata-mata karena para ahli tersebut mampu untuk membuat lebih dari apa yang sekarang ada. Namun, mereka memiliki visi yang ingin dibawa melalui teknologi ini. Teknologi komunikasi mobile yang saat ini terbilang sebagai yang paling up-to-date ini membawa misi untuk lebih mempermudah pengunanya melakukan komunikasi. Baik komunikasi menggunakan suara, data, sampai menggunakan visualisasi video. Semua itu merupakan tujuan dari teknologi ini diciptakan dan disebarkan keseluruh dunia untuk digunakan. Secara garis besar, visi dan tujuan dari teknologi 3G ini adalah sebagai berikut :

Universal Global Roaming

Teknologi 3G yang juga masih dapat digolongkan sebagai salah satu fasilitas next generation network haruslah memiliki kemampuan untuk mengakomodasi kepentingan komunikasi di masa depan. Kebutuhan komunikasi di masa depan dapat diperkirakan akan sangat melonjak dari sekarang ini. Orang-orang menuntut untuk dapat berkomunikasi di mana dan kapan saja mereka mau dan berada. Tidak peduli apakah di dalam kota, luar kota, hutan, laut lepas, udara, maupun di luar negeri.Untuk itu, teknologi 3G harus memiliki kemampuan untuk melayani semua kebutuhan tersebut. Maka dari itu, teknologi 3G haruslah dapat melakukan roaming di manapun dan kapan pun penggunanya mau. Salah satu teknologi radio akses 3G memang memiliki kemampuan roaming antara satu teknologi dengan teknologi lainnya yang berbasiskan teknologi yang sama. Hal ini bisa menjadi cikal-bakal dari visi global roaming ini.

Multimedia (Voice, Video dan Data)

Salah satu alasan yang paling mendasar dari diciptakanya teknologi 3G ini adalah memenuhi semua kebutuhan komunikasi dari para pengunanya. Kebutuhan komunikasi yang kian meningkat dari hari kehari membuat teknologi telepon yang sekarang ada tidak lagi mencukupi nantinya. Masyarakat tidak hanya ingin berkomunikasi hanya dengan suara saja. Mereka juga nantinya akan butuh untuk saling bertukar data dengan mudah, dan yang lebih mengasyikkan lagi mereka juga ingin dapat bertatap mata langsung dengan orang yang mereka hubungi. Peranan komunikasi video akan sangat dibutuhkan pada saat ini. Teknologi 3G ini memang dipersiapkan untuk itu. Dengan didukung oleh media transportasinya yang mengalami perkembangan jauh dari yang sekarang ada, dengan juga disisipi oleh teknologi komunikasi data yang telah banyak dipakai di dunia komputerisasi, yaitu sistem pengalamatan IP, teknologi 3G akan siap untuk memenuhi kebutuhan komunikasi penggunanya. Tidak peduli apakah itu voice, data, ataupun video, tampaknya teknologi ini memang sudah siap untuk itu.

Data Rate yang Jauh Meningkat

Data rate atau besar dan banyaknya data yang lewat dalam suatu media komunikasi merupakan salah satu faktor kunci dalam memilih media komunikasi yang akan digunakan. Begitu pula dengan komunikasi mobile yang akan Anda gunakan nanti beberapa tahun lagi. Kecepatan dan besarnya bandwidth yang mampu diberikan oleh penyedia jasa telekomunikasi mobile ini merupakan salah satu faktor penting yang dilirik oleh pengguna nantinya. Untuk urusan komunikasi suara, faktor ini mungkin tidak terlalu penting karena bandwidth untuk keperluan lalu-lintas suara seperti sekarang tidaklah terlalu besar. Namun ketika komunikasi telah mengarah ke data dan video, bandwidth menjadi sangat mutlak untuk diteliti. Teknologi 2G yang sekarang ada seperti GPRS rasanya belum mampu memberikan bandwidth yang besar untuk itu. Berbeda dengan teknologi 3G yang mampu memberikan bandwidth sebesar 384 Kbps pada keadan bermobilisasi, dan sebesar 2 Mbps pada kondisi diam.Dengan bandwidth yang sebesar itu pada ponsel Anda, tentunya akan banyak sekali aplikasi yang dapat Anda nikmati di ponsel Anda, tidak hanya sekadar menelepon atau ber-SMS ria. Anda bisa menyaksikan siaran TV, bisa melakukan video call, bisa ber-Internet, bisa meeting lewat video converence, dan banyak lagi.

Kapasitas Komunikasi yang Meningkat

Kapasitas yang mampu diberikan oleh perangkat-perangkat 3G meningkat cukup besar dibandingkan teknologi 2G yang sekarang digunakan. Hal ini dikarenakan spektrum frekuensi yang digunakan oleh teknologi 3G juga meningkat cukup besar. Jika teknologi 2G menggunakan spektrum frekuensi mulai dari 30 KHz sampai dengan 200 KHz, teknologi 3G kebanyakan menggunakan spektrum frekuensi mulai dari 15 MHz hingga 20 MHz. Dilihat dari penggunaan spektrum frekuensi ini, jelas sekali bahwa teknologi 3G berbeda spesifikasi yang sangat jauh dengan 2G. Dengan meningkatnya spektrum frekuensi yang digunakan ini, kapasitas dari kanal-kanal komunikasi juga lebih banyak tersedia. Bandwidth yang dapat diberikan oleh masing-masing kanal juga semakin besar. Sehinga semakin banyak pengguna yang dapat ditampung dengan kualitas yang masih tetap terjamin.Dan masih banyak Tujuan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Tidak ada komentar: