Kamis, 14 Februari 2008

SISTEM KOMPUTER

KOMPUTER

Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa inggris disebut to compute. Komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan elemen yang terdiri dari hardware(perangkat keras) dan software(perangkat lunak) yang saling bekerja sama, dapat menerima data(input), mengolah data(proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan didalam memori.

Prinsip kerja computer diawali memasukkan data dari perangkat input. Lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori computer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

SISTEM KOMPUTER

Agar computer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system). Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari system tersebut.

Tujuan pokok dari system computer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, Maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen dari system computer adalah hardware, software dan brainware.

Hardware (perangkat keras) adalah peralatan di system computer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.

Software (perangkat lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.

Brainware adalah manusia yang terlibat didalam mengoperasikan serta mengatur system computer.

Ketiga elemen komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software tidak akan berfungsi seperti apa yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Software yang akan mengoperasikan hardwarenya. Hardware yang sudah didukung software juga tidaka akan berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Tidak ada komentar: