Kamis, 14 Februari 2008

HARDWARE

Hardware merupakan perangkat keras atau peralatan yang secara fisik dapat dilihat dan dapt dijamah atau dirasakan.

Hardware terdiri dari 4 kategori, yaitu :

· Input device, adalah peralatan fisik komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori computer. Misalnya : Keyboard, mouse, joystick, microphone, scanner, lightpen, camera digital dll.

· Output device, adalah peralatan computer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (visual) atau keluaran berupa suara (audio). Contoh : printer, plotter, monitor, speaker, headphone, InFocus dll.

· Prosessor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktivitas computer itu sendiri. Prosessor terdiri dari dua bagian utama, yaitu :

ü Control unit, merupakan komponen utama prosessor yang terpasang pada computer, mulai dari input device sampai output device.

ü Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosessor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

· Memori/storage, adalah media data pada computer. Dalam proses penyimpanan data, ada yang disimpan secara permanen, ada yang secara sementara, ada yang hanya bisa dibaca saja, dsb. Memori terbagi atas 4 kategori, yaitu :

ü Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat computer. Isi ROM diperlukan saat computer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca system operasi dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit system dan perintah untuk menampilkan pesan dilayar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya ;

1. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.

2. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.

3. EPROM (Erasable ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus da program kembali, taopi cara penghapusannya dengan menggunkan sinar Ultraviolet.

4. EEPROM (Electically Erasable Program ROM),perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.

ü Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat kita akses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer dimatikan, maka seluruh data yang tersimpandalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat computer dimatikan, maka diperlukan media penyimpana external.

ü External Storage (media penympanan eksternal), merupakan peralatan fisik computer yang digunakan menyimpan data secara permanen. Contoh : Disket, Harddisk, PCMCIA dll

Tidak ada komentar: